Mana Yang Harus Anda Pilih? KVM Switching vs Remote Desktop Software Solutions

Ketika berbicara mengenai manajemen server jarak jauh ( Remote Server Management ), banyak organisasi dihadapkan pada pilihan antara fisik KVM switching dan Solusi Remote Desktop berbasis perangkat lunak untuk mengakses  dan mengontrol aset mereka. Meskipun perangkat lunak remote desktop menawarkan beberapa keuntungan dalam hal biaya, namun hal ini  tidak dapat memberikan solusi yang andal, aman, dan berkinerja tinggi. Mana Yang Harus Anda Pilih? KVM Switching vs Remote Desktop Software.

Untuk organisasi yang fokus  menjaga layanan dimana layanan tersebut harus  selalu aktif dan fungsional setiap saat ,atau mungkin memiliki ratusan atau ribuan server , maka KVM switch fisik sering kali merupakan opsi yang cenderung dipilih.

Solusi Perangkat Lunak Desktop Jarak Jauh

Solusi perangkat lunak remote desktop dirancang untuk menyediakan akses komputer jarak jauh. Remote Desktop Protocol (RDP) dan Virtual Network Computing (VNC) adalah dua contoh populer dari jenis solusi ini. Mereka menawarkan beberapa manfaat, diantaranya: gratis, tidak ada perangkat keras untuk dipasang, tidak ada kabel untuk dihubungkan dan tidak ada pasokan listrik yang diperlukan. Namun selain itu Remote Desktop juga memiliki beberapa kelemahan.

Perangkat lunak remote desktop harus diinstal pada setiap komputer yang akan diakses. Diperlukan sistem operasi dan jaringan produksi yang kompatibel untuk dijalankan, dan akan bersaing untuk mendapatkan resource sistem ( OS yang berjalan) dan berpotensi berdampak pada produktivitas Anda. Selain itu, perangkat lunak remote desktop tidak memiliki akses tingkat BIOS.

Jika sistem operasi atau jaringan server Anda sedang tidak aktif, Anda akan kehilangan akses termasuk kemampuan untuk memecahkan masalah dan mem-boot dari jarak jauh. Kelemahan lain termasuk hilangnya kualitas video karena kompresi, lag dalam kinerja, kecepatannya lambat, kurangnya dukungan untuk banyak komputer dan tidak ada redundansi yang tersedia.

Kelemahan utama solusi perangkat lunak remote desktop adalah keamanannya. Metode otentikasi perangkat lunak rentan terhadap peretas. Illegal akses yang terjadi  dalam sistem dapat memberikan akses ke seluruh jaringan Anda dan semua data Anda.

KVM

Kelemahan potensial dari implementasi KVM adalah mahalnya biaya peralatan pada fase awal implementasi ( CAPEX) . Namun, biaya ini dapat dengan cepat diimbangi dengan menambahkan efesiensi keandalan, dan keamanan.

Setiap KVM extender yang dikombinasikan dengan switch (KVM) dapat mendukung hingga ratusan server dan dikonfigurasi melalui solusi manajemen jaringan terpusat . Konfigurasi yang sederhana dan mudah jika dibandingkan dengan perangkat lunak remote desktop, akan lebih  menghemat waktu dan uang .

KVM Switch dan extender kompatibel secara universal dengan sistem operasi apa pun. KVM ini  cocok untuk aplikasi yang membutuhkan bandwidth tinggi seperti siaran HD, perangkat lunak grafis, CAD dan kontrol proses. Karena switch KVM dan extender tidak memerlukan perangkat lunak atau driver tambahan, maka tidak ada pembagian  sumber daya dan produktivitas karena persaingan antar aplikasi.

Teknologi KVM-over-IP juga menawarkan akses tingkat BIOS, sehingga Anda dapat melakukan booting dan memecahkan masalah dari jarak jauh.

Dengan solusi  KVM switch dan extender, kita juga mendapatkan peningkatan kinerja dalam hal kecepatan, kualitas video, dan kemampuan untuk mengontrol banyak layar. Dari sudut pandang keamanan, solusi KVM tidak menggunakan jaringan produksi dan beroperasi secara independen dari sistem operasi komputer, sehingga  risiko keamanan menjadi lebih kecil. Selanjutnya, komunikasi antara server / PC dan stasiun pengguna dienkripsi untuk keamanan tambahan.

Kemampuan untuk mengakses dan memonitor jaringan Anda dengan aman dan mempertahankan kinerja sangatlah penting. Sementara solusi remote desktop berbasis perangkat lunak menawarkan penghematan biaya di depan, namun dengan cepat diimbangi oleh kelebihan peralatan KVM fisik.

Manfaat Utama Menggunakan KVM Extender Dan Switching

Mengelola Server Tanpa Bandwidth Besar

KVM Over IP Extender dan Switch bertindak sebagai pilihan sempurna. Perangkat ini digunakan untuk akses jarak jauh ke CPU fisik aplikasi Real-Time. Ini dicapai dengan hanya menggunakan sebanyak mungkin bandwidth jaringan yang tersedia. Untuk mendapatkan kualitas data yang optimal. Biasanya pemancar akan menggunakan jauh lebih sedikit daripada yang tersedia maksimum. Ini sangat berguna untuk pengguna yang diminta memberikan 24/7 uptime dan akses real-time ke server mission-critical 365 hari setahun.

Akses Jaringan & Pemecahan Masalah Jarak Jauh

Dengan mengatasi masalah jaringan dari lokasi lain, Anda dapat mengelola masalah dari meja Anda, atau bahkan menghemat kerumitan bepergian ke lokasi di tengah malam. Gunakan koneksi berbasis browser, bahkan telepon seluler atau PDA, untuk mereboot atau mengatur server dari jarak jauh sehingga memberikan  kenyamanan nyata.

Kontrol Akses Jaringan

Ekstensi KVM over IP memberikan akses resmi ke pengguna tertentu ke server mana pun secara bersamaan.

Perpanjangan sinyal Point-point over IP

Memungkinkan  pengguna untuk secara bersamaan mengakses berbagai komputer melalui jaringan IP dengan latensi rendah tanpa mengorbankan kinerja.

Chat With Us

Pin It on Pinterest

Share This