[:id]

Trend Penggunaan Teknologi Biometric di tahun 2019

Teknologi biometrik telah ada selama 1 dekade terakhir ini, dimana pemanfaatannya secara massif dilakukan oleh pemeritah India dalam program pencatatan identifikasi penduduk yang dinamakan Aadhaar pada tahun 2013. Pada program ini ,kurang lebih 550 juta penduduk direkam data biometric nya . Dan seperti setiap bentuk teknologi yang dikenal manusia, hal ini terus mengalami pengembangan dan penyempurnaan .Pada 2017 melihat banyak kemajuan dalam hal tren teknologi biometrik dan tahun 2018 banyak terjadi lompatan teknologi yang cukup menarik untuk perkembangannya .

Adapun yang akan tetap menjadi trend di tahun 2019 diantaranya :

Baca Juga :

Transaksi Seluler

Dengan menjamurnya transaksi seluler di hampir setiap industri di luar sana, menjadi lebih penting untuk memastikan transaksi ini aman. Dan sejauh menyangkut keamanan, penangkapan bergerak tetap menjadi salah satu cara paling efisien untuk membatasi kerugian pada tingkat ini.

Penggunaan smartphone dan gadget mobile untuk transaksi keuangan yang saat ini sedang booming berakibat dengan kesiapan dari penyedia jasa keuangan untuk melakukan tindakan prefentif kemanan transaksi dan ancaman cyber. Misalnya, Apple Pay, pada tahun 2017 memungkinkan untuk teknologi Near Field Communication (NFC) dan sidik jari serta face ID yang digunakan untuk mengautentikasi transaksi seluler. Didukung di lebih dari 700.000 lokasi dan dengan kehadiran di beberapa negara,di tahun 2019 diprediksikan Apple Pay tumbuh lebih banyak lagi. Dipercaya bahwa tren ini hanya akan menjadi lebih baik di tahun 2019 karena semakin banyak pesaing yang akan meningkatkan layanan ini, atau setidaknya, menawarkan alternatif yang lebih menarik.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa dalam dua tahun dari sekarang, transaksi finansial hingga $ 1 triliun akan dilakukan melalui telepon seluler, dan Amerika Serikat akan berada di garis depan revolusi mobile ini. Semua ini menunjukkan bahwa pembayaran seluler, serta teknologi biometrik merupakan sebuah kombinasi untuk menghadapi era teknologi digital.

Point of sale (POS)

Penemuan POS dalam industri perdagangan secara keseluruhan adalah angin segar bagi produsen dan konsumen. Hal ini memungkinkan untuk kemudahan transaksi, kemudahan kecepatan pembayaran, dan mungkin, yang paling penting, menghilangkan kebutuhan untuk membawa uang tunai. Tetapi semua ini akan menjadi lebih baik dengan diperkenalkannya teknologi biometrik superior karena para produsen sudah mulai bereksperimen.

Jika percobaan ini terbukti sukses dan praktis, maka kombinasi POS dengan pengenalan biometric data menjadi solusi utuh dalam hal kenyamanan dan keamanan berbelanja. Misalnya, pembeli tidak perlu lagi berjuang untuk mengingat PIN mereka, bahkan ketika barcode pada produk pada akhirnya akan menjadi tidak berguna. Bank dan lembaga keuangan lainnya akan menghemat biaya dalam memproduksi kartu debit dan kartu kredit karena sidik jari yang sederhana akan menjadi satu-satunya persyaratan ketika melakukan pembayaran. Sementara penggunaan kartu untuk pembayaran POS mungkin tampak canggih di beberapa negara, mereka cepat menjadi usang dan ini adalah inti dari revolusi teknologi dunia.

Autentikasi multi-faktor.

Bagi banyak orang,terutama di film sci-fi menggambarkan ide mengenai sebuah gagasan dimana pengenalan biometric dikombinasikan dengan multi factor authentifikasi. Pada kenyataannya, teknologi ini sudah ada dan pada tahun 2019 akan lebih berkembang karena banyak produsen sedang meningkatkan factor keamanan pada semua level teknologi , terutama di dunia usaha.

Idealnya, peningkatan keamanan ini ditujukan untuk mengurangi pencurian identitas dan segala ancaman terkait dengannya. Kombinasi kata sandi dan sidik jari (biometrik), dan mungkin komponen lain telah terbukti meningkatkan keamanan lebih dari dua kali. Pada akhirnya, bisnis mengurangi kehilangan uang untuk pencuri identitas – kerugian yang bernilai miliaran dolar secara kolektif.

Kesimpulan

365 hari berikutnya menjanjikan banyak perbaikan pada teknologi biometrik. Selain tiga bidang yang dibahas dalam artikel. Penyedia layanan imigrasi, lembaga pemerintah, sistem manajemen sumber daya manusia – serta banyak orang lain – sudah menikmati teknologi keamanan biometric, dan harus siap untuk bersaing dengan para penemu inovasi baru untuk kita semua.

 

Baca Juga :

https://www.prospek.net/time-attendance/[:]

× Chat With Us Powered by QuadLayers